Senin, 09 November 2015

Tips stretching yang aman dan menyehatkan





Tips stretching yang aman dan menyehatkan

          Nama stretching atau yang kita sebut pemanasan sudah sering kita dengar,namun apa yang dimaksud sretching sebenarnya adalah gerakan yang kita lakukan untu meregangkan otot atau tendon sehingga otot yang kurang terbiasa terlatih atau kaku menjdai lebih lentur atau fleksibel dan rentang gerak(range of motion) jadi lebih besar.Dan yang kita dapatkan adalah otot yang lebih nyaman dan lebih mudah untuk dipakai bergerak kembali.
          Fungsi stretching dihanya sekedar meringankan otot-otot yang kaku tetapi banyak manfaat dan menyehatkan diantara nya :
-         Melancarkan peredaran darah/meningkatkan aliran darah(mencegah pengerasan pembuluh darah).
-         Meningkatkan produksi cairan synovial yang berfungsi melumasi sendi(penting mencegah radang sendi.
-         Menyeimbangkan/mempertahankan postur dan keseimbangan tubuh
-         Melenturkan dan melemaskan otot dan meningkatkan  rentang gerak.jika stretching dilakukan dengan benar maka resiko cedera akibat olaharaga akan minim sekali.
-         Mempercepat pembuangan asam laktat yang menumpuk saat working out guna mengurangi sakit otot yang sering terjadi.
-         Dalam kegiatan sehari-hari otot tidak terlalu mendapatkan cederakarena otot tersbebut tidak kaku atau otot yang lentur.

Cara yang aman dalam melakukan streching



                  
                   Jika stretching dilakukan dengan salah atau asal-asalan,akan mengakibatkan dampak cidera pada otot.Lalu bagaimana cara stretching yang aman dan menyehatkan?
·        Warming (pemanasan) itu bukan berarti Streching!
Pemanasan yang dilakukan sebelum kita stretching bisa mengakibaatkan cedera dan bisa jadi dapat menurunkan performance.coba lakukan stretching setelah 5-10 menit pemanasan atau bagusnya lagi,setelah selesai working out  (olaharaga).
·        Jika timbul rasa sakit jangan lakuka streching !

Setiap orang mempunyai sifat kelenturan otot yang berbeda-beda.dalam melakukan sreching untuk tujuan meningkatakn kelenturan,yang penting adalah kemajuan dalam bertahap.lakukan stretching hanya hingga terasa ada tarikan dan bukan timbul rasa sakit.Setelah sudah terbiasa atau seminggu,praktekan untuk meregangkan otot lebih jauh lagi.

·        Lakukan stretching pada bagian otot utama seperti paha,betis,pinggul,punggung,leher dan bahu.lakukan simetris pada bagian kiri dan kanan tubuh,jadi maksudnya jika ingin meregangkan otot betis sebelah kiri maka lakukan juga untuk betis sebelah kiri.
·        Lakukan dengan santai dan rileks atau perlahan dan mulus,tidak menyentak-nyentak agar tidak mengakibatkan cedera yang mandala.selama melakukan peregangan,bernafaslah seperti biasa.
·        Beristirahat lah atau berhenti dan diam paling sedikit 30 detik pada setiap peregangan maksimum pada peregangan rutin.Jika otot yang diregangkan ada masalah ( pegal atau baru melatih otot tersebut,stretching bisa dipertahankan 60 detik,baru kembali pada posisi biasa)
·        Jika kamu berhenti melakukan peregangan untuk waktu yang cukup lama,maka rentang gerak dan kelenturan akan kembali turun jadi lakuakn stretching secara teratur.
·        Setelah melakukan olahraga yang berat selalu lah regangkan otot tersebut untuk menghindarkan rasa sakit (karena menumpuknya asam laktat).



Anda bisa ikut latihan senam atau kelas di tempat gym namun ada baiknya jika sudah terdaftar menjadi member gym tersebut.dan juga bisa membeli DVD untuk biasa melihat macam-macam gerak stretching atau bisa dilihat dari youtube.
Tips
Kalau seandainya melakukan stretching di rumah sendiri,lakukan di depan cermin sehingga anda bisa melihat posisi anda sendiri.pakai pakaian yang nyaman dan lepaskan sepatu,lakukan diatas yoga mat.
Jangan tahan nafas selama melakukan stretching dan selalu Tarik perut anda ke dalam,pinggul datar (jangan nungging) serta busungkan dada (jangan bongkok).untuk sebagian besar gerakan,bahu harus dalam keadaan rileks,tidak tegang terangakat ke atas.
          Ada beberapa latihan macam gerak untuk berolaharga berat/angkat beban/fitness,anda bisa melihat nya di macam gaya latihan fitness..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar